USG, QOWABIL MASA KINI...!?




 
Halo sobat On-Media. Udah pada tahu USG (ultrasonografi) kan? Mungkin sebagian dari sobat udah pada tahu tentang USG. Sedikit penjelasan tentang USG, USG adalah sebuah alat canggih yang mampu melihat keberadaan hal-hal yang ada dalam tubuh kita. Dengan kemampuannya tersebut, alat ini digunakan oleh para ahli medis untuk mengetahui adanya penyakit seperti halnya tumor. Disamping itu USG juga digunakan untuk melihat keberadaan janin dalam rahim wanita, melihat posisi janin dan bahkan juga bisa melihat jenis kelamin dari janin.
  Dalam literatur fiqih diterangkan bahwa, ketika ada perempuan hamil yang meninggal, maka tidak boleh untuk dikuburkan sebelum dipastikan bahwa janin yang ada benar-benar meninggal, dan dalam permasalahan ini pernyataan dari qowabil (dukun bayi/dukun beranak) bisa dii’tibar. 
Jika melihat dari fungsi USG, apakah USG bisa dibuat i'timad (baca:pedoman) seperti halnya pernyataan qowabil dalam masalah perempuan hamil yang meninggal? 

Dari hasil Bahtsul Masa’il Forum Musyawaroh Pondok Pesantren yang ke-25 di Lumajang-Jawa Timur pada tahun 2012, memutuskan permasalahn tersebut sebagaimana berikut ini:
“Bisa, sebab USG dapat mengantarkan pada Dugaan kuat (Gholabah adz-dzhon).”
Dengan referensi sebagai berikut:
1.     Nihayatuz Zain hal. 155
2.     Kasyifatus Saja hal. 255
3.     I’anah At-Tholibin juz 2 hal. 122
4.     Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah juz 16 hal. 279
Berikut ini saya sertakan kutipan dari kitab aslinya.
1.   نهاية الزين في إرشاد المبتدئين  صـ 155
( و ) ينبش القبر أيضا فيما لو دفنت امرأة حامل بجنين ترجى حياته بأن يكون له ستة أشهر فأكثر فيشق جوفها والشق في القبر أولى لأنه أسترنعم لا يجوز تأخيره إليه إلا إن غلب على الظن بقول الخبراء بسلامة الجنين لو أخر إليه فإن لم ترج حياته حرم الشق لكن ( لا تدفن امرأة في بطنها جنين حتى يتحقق موته ) ولو تغيرت لئلا يدفن الحمل حيا وقول التنبيه ترك عليه شيء حتى يموت ضعيف بل غلط فاحش فليحذر ومع ذلك لا ضمان فيه مطلقا بلغ ستة أشهر أو لا لعدم تيقن حياته
2.   كاشفة السجا في شرح سفينة النجا  صـ 255
 (و) رابعها: (للمرأة إذا دفن جنينها معها وأمكنت حياته) بأن يكون له ستة أشهر فأكثر فيجب النبش تداركاً للواجب لأنه يجب شق جوفها قبل الدفن، فإن لم ترج حياته بقول القوابل حرم الشق لكن تخرج من القبر ويؤخر الدفن حتى يموت، ومن الغلط أن يقال يوضع نحو حجر على بطنها ليموت فإن فيه قتلاً للجنين،
3.   إعانة الطالبين  جـ 2 صـ 122
أما إذا رجي حياته بقول القوابل لبلوغه ستة أشهر فأكثر فيجب شق جوفها قبل الدفن ولا يؤخر الدفن ويترك في بطن أمه حتى يموت فإن دفنت قبل الشق وجب النبش والشق
( قوله ويجب شق جوفها إلخ ) أي لأن مصلحة إخراجه أعظم من مفسدة انتهاك حرمتها
4.   الموسوعة الفقهية الكويتية  جـ 16 صـ 279
فصل النووي في المجموع فقال : إن رجي حياة الجنين وجب شق بطنها وإخراجه ، وذلك بأن يكون له ستة أشهر فأكثر ، فإن لم ترج حياته فثلاثة أوجه : أصحها لا تشق لكنها لا تدفن حتى يموت الجنين . (4)المجموع للنووي 5 / 302 ، ونهاية المحتاج 3 / 39 . ملحوظة : العمدة في هذه المسألة قول ثقات الأطباء ، فإن غلب على الظن أن الجنين يحيا يجوز إخراجه بشق البطن ، بل يجب .

Related Posts:

0 Response to "USG, QOWABIL MASA KINI...!?"

Post a Comment