Mungkin sebgain besar dari kita
sudah tidak asing lagi dengan praktek donor organ di dunia medis. Dalam
kaitannya dengan praktek donor organ, saya masih ingat dengan Ny. Siti Handiana (58 th Islam dan berjilbab) dan Ny. Rakyan Saddharma
Poendarika (36 th) yang diberitakan oleh Jawa Pos Minggu, 13 Maret 2004
adalah dua orang wanita yang bersedia menyumbangkan seluruh organ tubuhnya
setelah meninggal nanti. Bahkan keduanya telah mendaftarkan secara resmi ke
Bank Jaringan Rumah Sakit Umum dr. Sutomo Surabaya, tindakan keduanya juga di
dukung oleh sang suami dan keluarganya, dan niat mereka berdua semakin besar
ketika mendengar salah satu keterangan dokter bahwa satu pendonor mati yang
menyumbangkan organ tubuhnya sama hanya membantu 200 pasien - pasien yang membutuhkan,
kata Ny siti Handiana “Saya pikir, setelah meninggal, mungkin organ tubuh saya akan berguna bila
diberikan kepada orang lain dari pada rusak dimakan binatang tanah”
Namun setelah beberapa tahun
mendalami ilmu Fiqh, praktek tersebut menimbulkan sebuah tanda besar di pikiran
saya. Melakukan operasi pada orang yang usdah meninggal, seperti pembedahan
pada jenazah yang sedang mengandung untuk pengambilan janin, adalah haram,
kecuali ada sesuatu yang mendesak. Dengan demikian, melakukan praktek donor
organ pada orang yang sudah meninggal, sebagai donornya, harusnya juga haram.
Namun, di sisi lain, keinginan mereka juga mengindikasikan sebuah wasiat, yang
pada dasarnya merupakan sebuah keharusan untuk dilaksanakan.
Setelah mencari di beberapa
literatur, saya memiliki kesimpulan sebagaiman berikut:
“praktek donor organ yang
melibatkan pembedahan pada orang yang sudah meninggal hukumnya haram, karena
dapat merusak kehormatan mayat. Kecuali jika memang keadaannya mendesak, maka hukumnya
boleh sebagaiman hukum memakai bangkai dalam keadaan terpaksa. Hal ini
disampaikan dalam Kitab Hasyiyah Jamal Juz 1 hal. 418 dan Juz 2 hal. 154
sebagaimana berikut:
حاشية الجمل ج: 2 ص: 154
(قوله
وكره أخذ شعر غير محرم وظفره) أي وإن اعتاد أخذهما في الحياة وهذا على القديم
والجديد لا يكره لعدم ورود نهي فيه ورد بأن أجزاء الميت محترمة فلا تنتهك بذلك ولم
يثبت في شيء بل ثبت الإسراع المنافي لذلك اهـ من شرح م ر (قوله محترمة) ويحرم أخذ
قلفته وإن عصى بتأخيره وإذا تعذر إزالة ما تحتها أو غسله دفن بعد غسل بقية بدنه
بلا صلاة خلافا للعلامة ابن حجر حيث قال يصلى عليه بعد تيممه عما تحتها أو تزال
اهـ برماوي (قوله فلا تنتهك بذلك) في المختار نهكه السلطان عقوبة من باب فهم أي
بالغ في عقوبته وفي الحديث (انهكوا الأعقاب أو لتنهكها النار) أي بالغوا في غسلها
وتنظيفها في في الوضوء وانتهاك الحرمة تناولها بما لا يحل اهـ
حاشية الجمل ج:1 ص: 418
قوله
من غير ادمي اما الادمي فوجوده حينئذ كالادمي كمرتد كلام الشارح كما ترى يفيد
امتناع الجبر بعظم الآدمي مع وجود الصالح من غيره ولو نجسا ويبقى ما لو لم يوجد
صالح غيره فيحتمل جواز الجبر بعظم الآدمي الميت كما يجوز للمضطر أكل الميتة وإن لم
يخش إلا مبيح التيمم فقط وقد يفرق ببقاء العظم هنا فالامتهان دائم اهـ ح ل
Sedangkan mengenai hukum
menjalankan amanah yang mengindikasikan sebuah wasiat ini, tidak wajib
dilaksanakan. Karena sebenarnya menurut pandangan syari’at islam, wasiat ini
tidak dihukumi sah, karena wasiat pada keharoman. Sehingga, implikasinya wasiat
(yang tidak sah) ini tidak perlu ditunaikan.” Kesimpulan ini didukung beberapa
literatur berikut ini:
1. Tanwirul Qulub hlm. 338
2. Hamisy I’anah At-Tholibin juz 3
hlm. 205
3. Hasyiyah Al-Bajuri juz 2 hlm.
83
4. Bujairomi Alal Khotib juz 3
hlm. 352
Dan berikut ini saya sertakan
kutipan aslinya sebagai bahan koreksi:
تنوير القلوب ص: 338
(تنبيه)
الإيصاء هو إثبات تصرف مضاف لما بعد الموت وإن لم يكن فيه تبرع كالإيصاء بالقبام
على أمر أطفاله ورد ودائعه وقضاء ديونه فإنه لا تبرع في شئ من ذلك وقد سشتمل على
تبرع كالإيصاء بتنفيذ وصاياه اهـ
فتح المعين ج: 3 ص: 205
وإنما
تصح الوصية بأعطوه كذا وإن لم يقل من ما لي أو وهبته له أو جعلته له أو هو له بعد
موتي في الأربعة وذلك لأن إضافة كل منها للموت صيرتها بمعنى الوصية وبأوصيت له
بكذا وإن لم يقل بعد موتي لوضعها شرعا لذلك فلو اقتصر على نحو وهبته له فهو هبة
ناجزة أو على نحو ادفعوا إليه من مالي كذا أو أعطوا فلانا من مالي كذا فتوكيل
يرتفع بنحو الموت وليست كناية وصية أو على جعلته له
حاشية الباجوري ج 2 ص 83
ولا
يشترط في الموصى به أن يكون معلوما موجودا نعم يشترط فيه كونه مقصودا وقابلا للنقل
اختيارا ومباحا اهـ
حاشية البجيرمي على الخطيب ج: 3 ص: 352
وشرط
في الموصى فيه كونه تصرفا ماليا مباحا فلا يصح الإيصاء في تزويج ; لأن غير الأب
والجد لا يزوج الصغير والصغيرة ولا في معصية كبناء كنيسة لمنافاتها له لكونه قربة
Demikian artikel mengenai hukum
donor organ. Semoga bermanfaat! Jangan lupa klik like dan share ya! Tidak ada
salahnya untuk berbagi sedikit ilmu dengan sekali klik.
0 Response to "Donor Organ dalam Islam"
Post a Comment