Apa sih Perbedaan Balad, Mishr, dan Qoryah?



Terminologi Fiqh tak pernah kunjung selesai untuk dikontekstualisasikan, karena latar belakang dari penulisan kitab-kitab Fiqh itu sangat variatif, yang sudah tentu tidak terlepas dari pengaruh sosial-kultural, politik, dan teritorial letak Fiqh itu sekarang, sehingga banyak istilah-istilah Fiqh yang terkesan sulit untuk disosialisasikan dan diaplikasikan di negara Indonesia ini, sebab istilah-istilah yang ada di Indonesia mempunyai perbedaan yang subtansif dengan idiom-idiom Fiqh, hal itu sangat mungkin sekali di akibatkan “penulisan Fiqh tersebut tidak melihat langsung dan tidak menyesuaikan dengan keberadaan sosial, kultural, politik, dan teritorial yang berkaitan dengan administrasi pemerintah” maka tidak heran kalau istilah (البلد, القرية, المصر, القاضي, الحاكم, الامام, الشرطي) yang ada dalam kitab Fiqh itu sangat disparasi dengan konteks Indonesia yang sudah di atur dengan administrasi dan tata negara republik ini, semua istilah tersebut terkesan semu, tidak relevan dengan konteks Indonesia. Sehinga perlu adanya pengkajian ulang tentang apakah yang dimaksud dengan istilah Fiqh “البلد, القرية, المصر “ berdasarkan konteks administrasi negara Indonesia?
Sebenarnya dalam beberapa kitab fiqih klasik definisi dari istilah-istilah tersebut telah disampaikan dengan jelas. Hanya saja perlu sedikit penyesuaian dengan kondisi tata negara Indonesia. Jika istilah tersebut didefinisikan maka kurang lebih seperti berikut sebagaimana dalam kitab Mausu’ah Fiqhiyyah:
1.       الموسوعة الفقهية ج: 33 ص: 160-161
قرية التعريف: 1- القرية في اللغة: كل مكان اتصلت به الأبنية واتخذ قرارا وتطلق القرية على المدن وغيرها والقريتان المذكورتان في قوله تعالى (وقالوا لولا نزل هذا القرآن على رجل من القريتين عظيم) هما مكة المكرمة شرفها الله والطائف كما تطلق على المساكن والأبنية والضياع واصطلاحا: عرفها القليوبي من الشافعية بأنها العمارة المجتمعة التي ليس فيها حاكم شرعي ولا شرطي ولا أسواق للمعاملة وعرفها الكاساني من الحنفية بأنها البلدة العظيمة إلا أنها دون المصر (الألفاظ ذات الصلة): أ- المصر: 2- المصر في اللغة: اسم لكل بلد محصور أي محدود تقام فيها الدور والأسواق والمدارس وغيرها من المرافق العامة ويقسم فيها الفيء والصدقات واختلفوا في معناها الاصطلاحي فعن أبي حنيفة رحمه الله: أن المصر بلدة كبيرة فيها سك وأسواق ولها رساتيق وفيها وال يقدر على إنصاف المظلوم من الظالم بحشمه وعلمه أو علم غيره والناس يرجعون في الحوادث إليه قال الكرخي: إن المصر الجامع ما أقيمت فيه الحدود ونفذت فيه الأحكام وقال القليوبي: المصر العمارة المجتمعة الذي فيه حاكم شرعي وشرطي وأسواق للمعاملات والمصر أعظم من القرية ب- البلد: 3- البلد في اللغة: اسم للمكان المختط المحدود المتأنس باجتماع قطانه وإقامتهم فيه ويستوطن فيه جماعات ويسمى المكان الواسع من الأرض بلدا والبلد أكبر من القرية

مصر      : adalah daerah yang telah memiliki fasilitas umum berupa pengadilan agama, departemen kepolisian dan pasar.
البلد      : adalah daerah yang hanya mempunyai sebagian fasilitas yang dimiliki المصر .
القرية      : adalah daerah yang sama sekali tidak memiliki fasilitas di atas.
Sehingga, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Kota/Kabupaten di Indonesia sudah dapat dikategorikan sebagai مصر , sedangkan kecamatan dan beberapa pedesaan yang cukup berkembang di Indonesia sudah dapat dikategorikan sebagai بلد, sedangkan pedesaan kecil yang masih terpencil dikategorikan sebagai قرية.
Mungkin cukup ini dulu ya sharingnya! Untuk artikel sejenis ini bisa klik disini. Semoga bermanfaat! Jangan lupa like dan share ya

Related Posts:

0 Response to "Apa sih Perbedaan Balad, Mishr, dan Qoryah?"

Post a Comment