Terminologi
Fiqh tak pernah kunjung selesai untuk dikontekstualisasikan, karena latar
belakang dari penulisan kitab-kitab Fiqh itu sangat variatif, yang sudah tentu
tidak terlepas dari pengaruh sosial-kultural, politik, dan teritorial letak
Fiqh itu sekarang, sehingga banyak istilah-istilah Fiqh yang terkesan sulit
untuk disosialisasikan dan diaplikasikan di negara Indonesia ini, sebab
istilah-istilah yang ada di Indonesia mempunyai perbedaan yang subtansif dengan
idiom-idiom Fiqh, hal itu sangat mungkin sekali di akibatkan “penulisan Fiqh
tersebut tidak melihat langsung dan tidak menyesuaikan dengan keberadaan
sosial, kultural, politik, dan teritorial yang berkaitan dengan administrasi
pemerintah” maka tidak heran kalau istilah (البلد,
القرية, المصر, القاضي, الحاكم, الامام, الشرطي) yang ada dalam kitab Fiqh itu sangat disparasi dengan konteks Indonesia
yang sudah di atur dengan administrasi dan tata negara republik ini, semua
istilah tersebut terkesan semu, tidak relevan dengan konteks Indonesia. Sehinga perlu adanya
pengkajian ulang tentang apakah yang dimaksud dengan istilah Fiqh “البلد,
القرية, المصر “ berdasarkan
konteks administrasi negara Indonesia?
Sebenarnya dalam beberapa
kitab fiqih klasik definisi dari istilah-istilah tersebut telah disampaikan
dengan jelas. Hanya saja perlu sedikit penyesuaian dengan kondisi tata negara
Indonesia. Jika istilah tersebut didefinisikan maka kurang lebih seperti berikut
sebagaimana dalam kitab Mausu’ah Fiqhiyyah:
1.
الموسوعة
الفقهية ج: 33 ص: 160-161
قرية
التعريف: 1- القرية في اللغة: كل مكان اتصلت به الأبنية واتخذ قرارا وتطلق القرية
على المدن وغيرها والقريتان المذكورتان في قوله تعالى (وقالوا لولا نزل هذا القرآن
على رجل من القريتين عظيم) هما مكة المكرمة شرفها الله والطائف كما تطلق على
المساكن والأبنية والضياع واصطلاحا: عرفها القليوبي من الشافعية بأنها العمارة
المجتمعة التي ليس فيها حاكم شرعي ولا شرطي ولا أسواق للمعاملة وعرفها الكاساني من
الحنفية بأنها البلدة العظيمة إلا أنها دون المصر (الألفاظ ذات الصلة): أ- المصر:
2- المصر في اللغة: اسم لكل بلد محصور أي محدود تقام فيها الدور والأسواق والمدارس
وغيرها من المرافق العامة ويقسم فيها الفيء والصدقات واختلفوا في معناها الاصطلاحي
فعن أبي حنيفة رحمه الله: أن المصر بلدة كبيرة فيها سك وأسواق ولها رساتيق وفيها
وال يقدر على إنصاف المظلوم من الظالم بحشمه وعلمه أو علم غيره والناس يرجعون في
الحوادث إليه قال الكرخي: إن المصر الجامع ما أقيمت فيه الحدود ونفذت فيه الأحكام
وقال القليوبي: المصر العمارة المجتمعة الذي فيه حاكم شرعي وشرطي وأسواق للمعاملات
والمصر أعظم من القرية ب- البلد: 3- البلد في اللغة: اسم للمكان المختط المحدود
المتأنس باجتماع قطانه وإقامتهم فيه ويستوطن فيه جماعات ويسمى المكان الواسع من
الأرض بلدا والبلد أكبر من القرية
مصر : adalah daerah yang telah
memiliki fasilitas umum berupa pengadilan agama, departemen kepolisian dan
pasar.
البلد : adalah daerah yang hanya
mempunyai sebagian fasilitas yang dimiliki المصر .
القرية : adalah
daerah yang sama sekali tidak memiliki fasilitas di atas.
Sehingga, kita dapat menarik kesimpulan bahwa
Kota/Kabupaten di Indonesia sudah dapat dikategorikan sebagai مصر , sedangkan kecamatan dan beberapa pedesaan yang cukup
berkembang di Indonesia sudah dapat dikategorikan sebagai بلد, sedangkan pedesaan kecil yang masih terpencil
dikategorikan sebagai قرية.
Mungkin cukup ini dulu ya sharingnya! Untuk artikel
sejenis ini bisa klik disini. Semoga bermanfaat! Jangan lupa like dan share ya
0 Response to "Apa sih Perbedaan Balad, Mishr, dan Qoryah?"
Post a Comment